Peraturan KTP-el Terbaru

Dalam rangka percepatan layanan perekemanan dan penerbitan KTP-el serta penerbitan akta kelahiran, bersama ini disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Pelayanan KTP-el
    • KTP-Elektronik yang hilang dengan tidak mengubah elemen data kependudukan pada Kartu Keluarga, dapat dicetak kembali dengan melampirkan Foto Copi Kartu Keluarga, Laporan kehilangan dari Kepolisian tanpa surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan
    • KTP-Elektronik yang rusak dengan tidak mengubah elemen data kependudukan pada Kartu Keluarga dapat dicetak kembali dengan melampirkan Foto Copi Kartu Keluarga dan KTP-Elektronik (asli) yang rusak, tanpa surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan.
    • Perekaman KTP-Elektronik dengan tidak mengubah elemen data pada Kartu Keluarga cukkup menunjukkan Foto Copi Kartu Keluarga tanpa surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan.
  2. Bagi penduduk yang pada tanggal 1 Mei 2016 sudah berusia lebih dari 17 Tahun atau sudah menikah dan tidak sedang menetap diluar negeri wajib melakukan perekaman paling lambat tanggal 30 September 2016.
  3. Untuk Penerbitan akta kelahiran berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016 dan Permendagri Nomor 19 Tahun 2010, tanpa surat pengantar RT dan RW.
  4. Untuk Penerbitan akta kelahiran melalui Program Pengembangan Relasi dengan Rumah Sakit dan Sekolah tanpa surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan.
  5. Dalam hal persyaratan permohonan penerbitan akta kelahiran berupa surat keterangan lahir dari dokter/bidan/penolong kelahiran bila tidak terpenuhi, pemohon melampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kebenaran kelahiran.

    Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kebenaran data Kelahiran adalah pernyataan yang dibuat oleh orang tua kandung/wali/pemohon dengan tanggung jawab penuh atas kebenaran data kelahiran seseorang dengan diketahui oleh 2 orang saksi.

  6. Pemberitahuan ini disampaikan kepada Ketua RT dan Ketua RW di wilayah masing-masing.

Bagikan :

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *