Artikel

ATURAN PAKAI MASKER UNTUK ANAK

Suka kesel nggak sih kalau lihat anak kecil keluar rumah tapi nggak pake masker? Rasanya pengen nyalahin orang tuanyaaaa aja. Gitu ya?

Eh tapi, sebelum kesel-kesel, cek dulu nih rekomendasi  dari WHO buat pemakaian masker untuk anak-anak. Yup, nggak semua anak harus pakai masker. Usia anak mempengaruhi kemampuan pakai masker yang baik dan benar.

Buat anak usia 5 tahun dan balita, pakai masker itu, nggak wajib, ya. Selain mereka masih belum tau cara pakai masker yang benarsesuai standar, aturan ini juga berkaitan sama keselamatan si anak juga. Tapi, anak usia ini bisa direkomendasikan pakai masker jika di sekitarnya ada orang yang sakit.

Kalau un tuk anak 6-11 taun beda lagi. Mereka udah direkomendasikan nih untuk pakai masker, tapi perlu diawasi orang dewasa juga. Hal-hal lain juga jadi pertimbangan untuk anak usia ini pakai masker, seperti ada risiko tinggi Covid-19 di daerah tempat tinggalnya, misalnya.

Dan untuk anak usia 12 ke atas, udah pasti wajib pakai masker layaknya orang dewasa, ya!

Oiya, suka ada pertanyaan, nih. Boleh nggak sih anak pakai face shield aja? Menurut WHO, perlindungan face shield nggak bisa menggantikan masker pada umumnya.

Tapi jika terpaksa karena kondisi tertemtu,, diperbolehkan pakai face shield asal face shield yang dipergunakan menutupi area kanan dan kiri wajah hingga melebihi dagu.

Tetapi harus ditekankan pentingnya menjaga jarak dari orang lain dan membatasi jumlah anak yang bermain bersama.

Sumber : kemenkominfo

#cegahcovid19